AdU KuaT SinyaL DI PerbatasaN

Di daerah-daerah perbatasan seperti Batam, ponsel mendapat sinyal operator luar negeri adalah hal biasa. Ini kerap terjadi ketika kita sedang berada di kawasan pesisir utara batam yang berbatasan langsung dengan dua negeri jiran; Singapura dan Malaysia.
Beberapa waktu lalu ketika saya jalan-jalan ke pantai Tanjung Piggir di kawasan Sekupang, Batam, sinyal ponsel saya langsung terganti dari Telkomsel menjadi Singtel. Saking dekatnya dengan singapura, di pantai ini sinyal Singtel bisa sama kuatnya dengan sinyal Telkomsel.
Bahkan waktu saya jalan-jalan ke pantai Tanjung Bemban di daerah Nongsa, Batam, ponsel saya tiba-tiba menerima dua sms ‘misterius’.
Isi sms 1:
DiGi welcomes you to Malaysia! We wish you a pleasant stay. To make calls, dial +country code + area code + phone number.
Isi sms 2:
For more travel info, contact Malaysia tourism at 1300885050. Stay with DiGi for the hottest IDD & roam rater in town.
Alamak! Saya dikira sudah sampai di Malaysia! Digi adalah salah satu operator selular negara tersebut.
Kalau tidak teliti, kita bisa terkena biaya international roaming untuk sms dan telepon. Kita memang masih di dalam negeri, tapi teleponnya sudah pakai sinyal luar negeri. Bukan kita yang menjelajah(roaming) ke luar negeri, malah sinyalnya yang menjelajah sampai ke dalam negeri. Sedikit banyak, negara kita sudah ‘dijajah’ oleh sinyal negara lain.
But please calm down, jangan langsung marah-marah sama singapura dan malaysia, karena dengar-dengar sinyal operator kita terkadang juga suka nyasar sampai ke negara jiran itu . Salah satunya bisa dibaca di sini. Impas deh, 1-1. :)
Oya, untuk menghindari terkena biaya international roaming saat berada di dalam negeri, pastikan selalu network setting ponsel kita atur di mode manual. Jangan diset automatic karena ketika sinyal operator lemah, ponsel akan otomatis mencari sinyal lain yang lebih kuat.
Sementara itu, sinyal masih terus beradu kuat…

1 komentar:

outbound malang mengatakan...

kunjungan gan .,.
bagi" motivasi
Saat kamu menemui batu sandungan janganlah kamu ptus asa,
karena semua itu pasti akan ada solusinya.,.
si tunggu kunjungan baliknya gan.,

Posting Komentar